Selasa, 27 November 2012

Masyarakat dan Teknologi



Masyarakat dan Teknologi


     Teknologi semakin hari semakin berkembang dengan pesat hingga saat ini. Dan kemajuan teknologi itu sendiri pun bukan sesuatu hal yang dapat kita hindari dalam alur kehidupan ini. Sebab, seiring berkembangnya peradaban manusia maka semakin berkembang pula ilmu pengetahuan dan teknologinya. Bahkan perkembangan teknologi dalam beberapa hal dapat dikatakan sudah melampaui pemikiran manusia selama ini, misalnya dari sisi teknologi komunikasi. Dahulu mungkin tidak pernah bisa terbayangkan orang yang terpisah jarak berkilo-kilo meter bisa berbicara satu sama lain, walau hanya melalui media suara saja. Tapi sekarang, dengan kecanggihan teknologi hal tersebut dapat dilakukan hanya dengan menggunakan telepon seluler yang sifatnya portable dan ukurannya yang sangat kecil. Bahkan saat ini tidak hanya melalui media audio saja, secara visual pun manusia dapat berkomunikasi satu sama lain meskipun berada di belahan bumi yang berbeda.
 
Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya teknologi ini terdapat banyak dampak yang baik secara langsung maupun tidak langsung berimbas ke dalam gaya hidup kita sehari-hari. Sebenarnya teknologi tercipta atas dasar untuk mencari alat bantu yang bisa membantu manusia dalam meringankan pekerjaannya di berbagai hal, khususnya yang menggunakan tenaga karena teknologi yang ada dapat menciptakan ketepatan yang terkadang manusia tidak bisa mencapainya.
   Dari berbagai kemajuan teknologi di bidang informasi dan komunikasi dapat kita rasakan beberapa dampak baik yang bernilai positif maupun bernilai negatif.
 

Beberapa dampak positif tersebut antara lain:
  • ·      Kita dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang akurat dan aktual di bumi bagian manapun melalui internet.
  •   Dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone ataupun melalui video call.

    Namun, di samping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan teknologi tersebut juga dapat memberikan beberapa dampak yang negatif, antara lain:

    • Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris.
    • Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan oleh pihak tertentu untuk tujuan tertentu.
    • Kerahasiaan alat tes semakin terancam Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet.
    • Kecemasan teknologi,Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.

     

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar