Jumat, 17 Oktober 2014

DAMPAK GLOBALISASI DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI

DAMPAK GLOBALISASI DI BIDANG TEKNOLOGI

Teknologi informasi dan komunikasi di era globalisasi dewasa ini telah mengalami perkembangan sedemikian pesat. Kemajuan di bidang inilah yang paling cepat memunculkan terbentuknya era global yang antar negara seakan-akan tidak ada lagi batas-batas teritorial. Globalisasi menunjukkan perubahan besar dalam masyarakat dunia. Apa yg di tunjukkan bukan suatu yang mengada-ada . Bukan sekedar soal kita menambah perlengkapan modern , seperti video,fashion,televisi parabola dan computer dalam cara hidup. kita hidup dalam dunia yang sedang mengalami transformasi yang luar biasa sehingga pengaruh hampir melanda setiap aspek kehidupan. kita di dorong masuk ke dalam tuntutan global yang tidak sepenuhnya di pahami oleh siapa pun, namun dampaknya bisa kita rasakan.


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menjadi sebuah fenomena yang selalu menarik untuk diminati. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan perangkat teknologi yang membantu manusia dalam berhubungan atau berinteraksi dengan manusia lain. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi menjadikan manusia dalam berhubungan dengan pihak lain seakan tidak lagi di batasi oleh waktu dan tempat. Kapan pun dan dimana pun manusia dengan perangkat teknologi tersebut bisa menjalin huungan , mendapat informasi , dan menyebarkan informasi kepada orang lain . Teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan kemudahan dalam pergaulan hidup manusia . Beberapa perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang ada sekarang :
  • Media Cetak , seperti Koran,Tabloid,dan Majalah.
  • Media Audio , seperti Radio,tape,dan compact disk.
  • Media Audio Visual ,seperti Televisi,Tv kabel,dan Internet.
  • Komputer ,Perangkat inframerah , telepon,handphone,LCD,kamera,laptop.
Di negara-negara maju , orang telah akrab dengan penggunaan berbagai perangkat teknologi informasi dan komunikasi tersebut. Kemudian yg di dapat kan oleh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sejalan dengan nilai-nilai yang berkembang di negara-negara maju, seperti efisiensi,efektifitas,dan rasionalitas . contohnya adalah penggunaan computer multimedia yang telah terhubung dengan jaringan internet. dengan berada di depan computer orang bisa melakukan berbagai aktivitas seperti melakukan pembicaraan dengan orang lain ,memgirimkan informasi,serta melakukan transaksi (pembelian,pembayaran,dan penjualan). dengan adanya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang dulunya terbayang tidak bisa di lakukkan sekarang dapat di lakukannya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar