1. Apa
yang dimaksud dengan pasar monopoli dan monopolistis ?
Jawab :
Pasar
monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang
menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau
sering disebut sebagai "monopolis"
Pasar
Monopolistik adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen
yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang
dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk
lainnya
2. Apa
yang membedakan pasar monopoli dan monopolistis ?jelaskan danberikan contoh
?
Jawab :
Yang
membedakan pasar monopoli dan monopolistis adalah pasar monopolistis mempunyai
banyak penjual, penjual di pasar mopolistis memiliki kemampuan untuk mempengaruhi
harga, tapi pengaruhnya tidak sebesar penjual dari pasar monopoli, sedangkan
pasar monopoli hanya mempunya satu penjual sehingga penjual itu memiliki
pengaruh yang sangat besar dalam pasar monopoli.
3. Jelaskan bagaimana cara memperoleh keuntungan
di pasar monopoli ? (gambarkan secara grafik)
Jawab :
Keuntungan
pasar monopoli yaitu keuntungan penjual cukup tinggi untuk
produk yang menguasai hajat hidup orang, biasanya diatur pemerintah. Ini
menguntungkan konsumen karena penjual tidak dapat menentukan harga dengan
semaunya
4. Jelaskan kebaikan dan kekurangan dari pasar monopoli
?
Jawab :
Kebaikan
pasar monopoli yaitu penjualannya cukup tinggi, tidak dapat menentukan harga
semaunya dan Kelemahan pasar monopoli yaitu pembeli tidak ada pilihan lain
untuk membeli barang keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan terjadi
eksploitasi pembeli.
5. Apa
yang dimaksud dengan pasar oligopoly ?
Jawab :
Pasar
oligopoli adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh
beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang
dari sepuluh. Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya
sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang
mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua
usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya
dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar