Manfaat Teknologi Komputer Bagi Pendidikan Anak Usia Dini
MANFAAT TEKNOLOGI
KOMPUTER BAGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Komputer kini tengah
menjadi salah satu media pembelajaran alternatif untuk anak usia dini. Hal ini
dapat dilihat dari kian marak dan berkembangnya software-software dengan
program tertentu dalam bentuk CD interaktif untuk membantu pembelajaran anak
usia dini. CD interaktif yang ditawarkan pun sangat beragam jenisnya mulai dari
pembelajaran umum hingga pembelajaran yang sifatnya islami. Mulai dari
pengenalan huruf alphabet, angka-angka, warna, bentuk geometri dan lain-lain.
Contoh dari CD islami yaitu pengenalan huruf hijaiyah, sholat, wudhu dan
lain-lain. Metode yang ditampilkan oleh CD interaktif pun bermacam-macam, ada
yang menggunakan metode bernyanyi, bercerita, permainan atau bahkan kombinasi
dari beberapa metode dan tentunya dikemas secara interaktif sehingga terdapat
keterlibatan terhadap diri anak.
Pembelajaran melalui CD
interaktif yang diterapkan pada anak usia dini tentunya dapat menstimulasi
beberapa kecerdasan. Misalnya kecerdasan kognitif yaitu dengan bertambahnya
pengetahuan anak dan kemampuan anak dalam memahami sesuatu. Kecerdasan bahasa,
yaitu dapat dilihat dari bertambahnya kosa kata anak. Hal lain yang dapat
dikembangkan dari pembelajaran melalui komputer bagi anak adalah
stimulasi bagi perkembangan antara kordinasi mata dengan ketepatan gerak
tangan. Secara tidak langsung pembelajaran melalui komputer juga menstimulasi
bagi perkembangan motorik halus anak khususnya daya rangsang pada anak agar
anak dapat melatih kemampuan berfikir untuk lebih kreatif, mengenal manfaat
teknologi terutama dalam penggunaan komputer.
Mengatasi keterbataasan
ruang, waktu dan daya indera.
dapat mendorong anak untuk belajar selain metode verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka). Anak dapat mempunyai bekal kesiapan yang pasti memasuki gerbang perguruan tinggi. Pengetahuan yang dibedah dari setumpuk buku, masih yang terlewa tyang dapat ditemukan dari bahan ajar lain yang berserakan di dunia maya dalam bentuk kode-kode digital. Belajar tatap muka dengan guru atau berdiskusi dengan teman sebangku akan semakin terlengkapi dengan pembelajaran menggunakan multi media yang bersifat statis atau interaktif. Komputer dapat juga digunakan untuk mempermudah menunjukkan pengetahuan, mengganti simulasi yang berbahaya, memberi daya tarik yang lengkap menyentuh seluruh modalitas manusia lewat desain multimedia.
dapat mendorong anak untuk belajar selain metode verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka). Anak dapat mempunyai bekal kesiapan yang pasti memasuki gerbang perguruan tinggi. Pengetahuan yang dibedah dari setumpuk buku, masih yang terlewa tyang dapat ditemukan dari bahan ajar lain yang berserakan di dunia maya dalam bentuk kode-kode digital. Belajar tatap muka dengan guru atau berdiskusi dengan teman sebangku akan semakin terlengkapi dengan pembelajaran menggunakan multi media yang bersifat statis atau interaktif. Komputer dapat juga digunakan untuk mempermudah menunjukkan pengetahuan, mengganti simulasi yang berbahaya, memberi daya tarik yang lengkap menyentuh seluruh modalitas manusia lewat desain multimedia.
Diantara manfaat yang
dapat diperoleh adalah penggunaan perangkat lunak pendidikan seperti
program-program pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan
sebagainya. Tambahan pula, kini perangkat pendidikan ini kini juga diramu
dengan unsur hiburan (entertainment) yang sesuai dengan materi, sehingga anak
semakin suka.
Dalam kaitan ini,
komputer dalam proses belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi
anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan,
sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak
dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi
Selain memiliki
manfaat, komputer juga menyimpan mudhorot. Keterlibatan orangtua amat
diperlukan untuk mencegah anak mengambil manfaat dari kotak ajaib ini.
Positif dan Negatif
komputer bagi anak
positif
- Program komputer menciptakan
suasana yang menyenangkan bagi anak. Selain belajar memahami teknologi
sejak dini, juga merangsang perkembangan kognitif melalui
permainan-permainan yang menarik. Dengan begitu, komputer bisa digunakan
untuk menstimulasi.
- Gambar-gambar dan suara yang muncul
juga membuat anak tidak cepat bosan sehingga dapat merangsangnya belajar
lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu
untuk belajar berkonsentrasi.
- Sebenarnya, jika diarahkan dengan
benar, banyak sekali manfaat yang bisa dipetik. Dengan kata lain, asalkan
programnya tepat, maka komputer sebenarnya tak terlalu buruk buat anak.
negatif
- Efek radiasi dari monitor mesti
diwaspadai, apalagi jika monitor memiliki refresh rate yang rendah,
misalnya 60 Hz, maka akan terjadi kedipan (flicker) yang akan
melelahkan mata anak. Perhatikan juga masalah tata ruang dan pencahayaan.
Cahaya yang terlalu kontras dan jarak pandang terlalu dekat dapat mengganggu
indra penglihatan anak.
- Bisa jadi orangtua tak menyeleksi
software yang diberikan kepada anak terlebih dulu. Jika materinya memuat
unsur kekerasan atau agresivitas, anak bisa saja meniru perilaku buruk
itu.
Anak jadi lebih senang
mengutak-atik komputer dibandingkan bermain bersama teman jika waktunya tidak
dibatasi. Alhasil, anak jadi kecanduan komputer. Oleh karena itu, batasi
penggunaan komputer, paling lama satu jam setiap hari untuk si batita.
Pengaturan waktu ini perlu dilakukan agar anak tidak berpikir bahwa bermain
komputer adalah satu-satunya kegiatan yang menarik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar