Jumat, 17 Oktober 2014

Android vs ios

Android

Android adalah sistem operasi (bukan smartphone) yang dikembangkan oleh Google. Smartphone ini dirancang untuk dapat berjalan di handset apapun, asalkan mendukung Android. Di sini bedanya BB dan iPhone, dengan android. Jika sistem operasi BB dan iPhone hanya bisa berjalan di handset tertentu saja (tentunya keluaran RIM untuk BB, dan poduk iphone dari Apple untuk iPhone OS). Terlebih, sistem operasi ini bersifat terbuka, sehingga siapapun bisa mengedit sistem operasi ini. Keunggulan dari Android antara lain menawarkan pengalaman menggunakan ponsel yang berbeda. 

Kelebihan : 
  • Jika anda menginginkan smartphone dengan layar sentuh yang mempunyai performa baik, namun tidak mau pasaran dengan menggunakan iPhone (atau tidak mempunyai budget untuk membeli iPhone yang mahal) dan menginginkan multitasking, pilih Android.
  •  Jika anda menginginkan smartphone yang mendukung games dengan grafis yang bagus dan selain itu suka mencari aplikasi gratisan secara online, pilih Android.
Kekurangan :
  • Anda butuh smartphone dengan daya dukung baterai paling baik? Jangan pakai Android. Android secara umum membutuhkan energi baterai yang lebih besar ketimbang BB dan iPhone.
  •  Jika anda membutuhkan keyboard yang responsif dan praktis, jangan pakai Android.

     iPhone

        iPhone adalah smartphone yang dikembangkan oleh Apple. Tipikal pengguna iPhone adalah tipikal pengguna yang setia, mengapa? Karena sebagian besar pengguna iPhone merasa puas dengan smartphonenya itu. Terlebih dibandingkan dengan Android, iPhone memiliki performa multi touch dan multi gesture yang lebih baik. Kalau Android performa hardware tentu tergantung handset yang digunakan. iPhone juga menjadi salah satu gaya anak muda di luar negeri. Bicara games? iPhone punya banyak aplikasi games dan aplikasi menyenangkan lainnya, atau bisa dibilang pada iPhone banyak pengembang yang membuat aplikasi simpel, tapi sedikit geje alias ga jelas. Contohnya adalah aplikasi vuvuzela, yang akan mengeluarkan suara vuvuzela jika kita menggoyangkan iPhone kita. Tapi jangan salah, aplikasi vuvuzela ini digadang-gadang mendapatkan revenue yang baik dan juga banyak diunduh penggunanya. Sistem operasi iPhone juga menawarkan pengalaman menggunakan ponsel (user experience) yang paling baik.

     Kelebihan :
  •     Lag jarang terjadi , iOS bukan berarti bebas dari lag dan crash, namun jika dibandingkan dengan Android, iOS relatif lebih mulus performanya. Android kadang crash dan ngelag meski kita tidak melakukan apa-apa.
  •     Jika anda membutuhkan smartphone stylish, mempunyai performa multi touch yang paling baik, dan dilengkapi oleh aplikasi-aplikasi simpel namun menyenangkan, pilih iPhone.
  •     Jika anda ingin bermain games yang bermacam-macam, tinggal cari di store nya iPhone, dan tentunya, pilih iPhone dulu sebagai smartphone anda.
     Kekurangan :
  •     Jika anda teledor (suka menjatuhkan barang), iPhone terlalu sayang untuk dijatuhkan. Pikir dua kali kalau ingin menjatuhkan iPhone anda.
  •   Jika anda menginginkan multitasking, jangan pilih iPhone. Namun iOS versi 4 sudah mendukung multitasking.
  •  iPhone biasanya masuk Indonesia via black market, karena pada umumnya iPhone dijual dengan cara bundling dengan operator dan iPhone selalu terlambat masuk ke Indonesia, oleh karena itu, patut dipertimbangkan jika ingin membeli iPhone.

   
    Aplikasi lebih berkualitas
       
      Meski Android memiliki lebih banyak aplikasi di Play Store, namun secara kualitas, aplikasi milik iOS lebih berkualitas. Banyak aplikasi spam dan tiruan yang bermunculan di Play Store. Di samping itu, karena luasnya basis pengguna, developer papan atas cenderung lebih suka mendesain aplikasinya untuk iOS ketimbang Android. Beberapa aplikasi yang awalnya dikembangkan pada iOS jarang bisa diterjemahkan dengan baik saat dipajang di Play Store. Misalnya aplikasi Yelp, Facebook, FourSquare, dan Instagram yang memiliki user experience yang lebih baik di iOS ketimbang di Android.

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar