Jumat, 17 Oktober 2014

Dampak perkembangan IT pada budaya

Kemajuan Teknologi Informasi di era sekarang

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah menimbulkan pengaruh terhadap perkembangan budaya bangsa . Dengan berkembangnya teknologi informasi dan telekomunikasi ternyata menimbulkan sebuah kecenderungan yang mengarah terhadap memudarnya nilai-nilai pelestarian budaya perkembangan Transportasi, Telekomunikasi, dan Teknologi. mengkibatkan berkurangnya keinginan untuk melestarikan budaya negeri sendiri . Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, informasi dalam bentuk apapun dan untuk berbagai kepentingan, dapat disebarluaskan dengan mudah sehingga dapat dengan cepat mempengaruhi cara pandang dan gaya hidup hingga budaya suatu bangsa. Semakin cepatnya arus informasi yang ada seakan-akan tidak memberikan kesempatan kepada kita untuk memfilternya dengan sikap mental dan kritis. Makin canggih dukungan teknologi tersebut, makin besar pula arus informasi dapat dialirkan dengan jangkauan dan dampak global. Oleh karena itu selama ini dikenal asas “kebebasan arus informasi” berupa proses dua arah yang cukup berimbang yang dapat saling memberikan pengaruh satu sama lain. Perkembangan IT sering berubah fungsi menjadi alat kulturisasi budaya asing tanpa kita sadari. Namun tidak seperti media televisi, cetak atau radio yang harus melalui penyeleksian oleh pemerintah, lain halnya dengan IT yang merupakan media yang tidak mengenal pembatasan-pembatasan antar bangsa-antar negara. Banyak diantara budaya asing tersebut yang membawa dampak negatif bagi moral maupun budaya bangsa kita.

Dampak Kemajuan Teknologi yang mempengaruhi Budaya asli Bangsa

Majunya Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah hal yang tidak bisa kita hindari, hal tersebut akan semakin berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Memang perkembangan TIK sangatlah di perlukan, namun apabila masyarakat Indonesia tidak mampu memfilter perkembangan dunia TIK maka lambat laun bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang cenderung konsumtif. Adapun pengaruh negatif yang ditimbulkan oleh kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadpa masyarakat Indonesia yakni Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar yang dapat menyebabkan miskin dalam rohani.
  •          Budaya Indonesia yang dulunya ramah-tamah, gotong royong dan sopan telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. Akibatnya kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan.
  •          Bergantinya kebiasaan remaja,contohnya remaja di jaman sekarang ini lebih suka berdiam diri di depan computer untuk mermain game atau lebih suka berdiam berjam – jam hanya untuk sekedar sharing di social media di bandingkan untuk memainkan permainan tradisional.
  •          Penggunaan dialek bahasa Indonesia yang tidak benar dan terkadang mereka mencampur adukan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam satu kalimat,dan yang terparahnya lagi para remaja jaman sekarang telah menciptakan sendiri Bahasa yang berevolusi dari Bahasa Indonesia di berbagai sosial media yang biasa disebut Bahasa Alay, sangat menggelikan.
    Dengan adanya media sosial seperti Facebook, Twitter, Blackberry Messenger (Aplikasi dari SmartPhone Blackberry) . Jika dilihat dari luar memang tujuannya bagus yaitu untuk bersosialisasi, akan tetapi hal ini yang menjadikan dunia ini seperti perkampungan kecil karna tidak perlu bertemu banyak orang untuk berteman dengan banyak orang.
        Dengan perkembangan jaman kemajuan teknologi yang ditawarkan kepada kita ,akan tetapi kita salah menggunakannya tentu akan membuat hidup kita menjadi salah jalan, justru teknologi tersebut akan menyesatkan hidup kita sehingga nilai – nilai budaya hidup kita tidak lagi sesuai dengan yang kita harapkan, akhirnya ada yang harus dikorbankan dari kejadian tersebut. Jadi kembali kepada manusia sebagai mahluk sosial apakah teknologi yg semakin canggih ini dapat di maksimalkan penggunanya atau justru untuk hal-hal yg negatif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar