Kuis 3
Kuis Teori Organisasi Umum
2
1 . Apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen
?
Jawab :
Perilaku Konsumen adalah
proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan,
pembelian, penggunaan serta pengevaluasian produk dan jasa memenuhi kebutuhan
dan keinginan.
2 . Mengapa perilaku konsumen perlu
di kaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industri ?
Jawab :
Untuk Mendesain bauran pemasaran,Mensegmen
pasar bisnis,Memposisikan dan mendeferensiasikan produk, Melaksanakan
analisis lingkungan,Mengembangkan studi riset pasar
3 . Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa perilaku konsumen
?
Jawab :
Terdapat tiga pendekatan
utama dalam meneliti perilaku konsumen.
Pendekatan pertama adalah
pendekatan interpretif. Pendekatan ini menggali secara mendalam
perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya. Studi dilakukan dengan melalui
wawancara panjang dan focus group discussion untuk memahami apa makna
sebuah produk dan jasa bagi konsumen dan apa yang dirasakan dan dialami
konsumen ketika membeli dan menggunakannya.
Pendekatan ke dua adalah
pendekatan tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi
kognitif, sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi. Pendekatan
ini bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perilaku dan
pembuatan keputusan konsumen. Studi dilakukan melalui eksperimen dan survei
untuk menguji coba teori dan mencari pemahaman tentang bagaimana
seorang konsumen memproses informasi, membuat keputusan, serta pengaruh
lingkungan sosial terhadap perilaku konsumen.
Pendekatan ke tiga
disebut sebagai sains pemasaran yang didasari pada teori dan metode dari ilmu
ekonomi dan statistika. Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan
menguji coba model matematika berdasarkan hierarki kebutuhan manusia menurut
Abraham Maslow untuk memprediksi pengaruh strategi marketingterhadap
pilihan dan pola konsumsi, yang dikenal dengan sebutan moving rate analysis.
Ketiga pendekatan
sama-sama memiliki nilai dan tinggi dan memberikan pemahaman atas perilaku
konsumen dan strategi marketing dari sudut pandang dan tingkatan analisis yang
berbeda. Sebuah perusahaan dapat saja menggunakan salah satu atau seluruh
pendekatan, tergantung permasalahan yang dihadapi perusahaan tersebut
4 . Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen
?
Jawab :
·
Faktor
Sosial
·
Faktor
Personal
·
Faktor
Psikologi
·
Faktor
kebudayaan
Jawab :
Sebaiknya konsumen tidak mudah terpengaruh
atas keinginan sesaat, harus teliti sebelum membeli sesuatu yang di
inginkan, apakah barang yang akan kita beli itu termasuk kebutuhan atau hanya
keinginan sesaat dan apakah dapat bermanfaat untuk kita. Selain itu kurangi
pembelian barang yang kurang perlu untuk mengurangi pengeluaran dan mencegah
kita menjadi konsumen yang konsumtif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar