TEAMWORK dan IMPLIKASI MANAJERIAL TEAMWORK
Kerja sama adalah sebuah sistem
pekerjaan yang kerjakan oleh dua orang atau lebih untuk mendapatkan tujuan yang
direncanakan bersama. Kerja sama dalam tim kerja menjadi sebuah kebutuhan dalam
mewujudkan keberhasilan kinerja dan prestasi kerja. Kerja sama dalam tim kerja
akan menjadi suatu daya dorong yang memiliki energi dan sinergisitas bagi
individu-individu yang tergabung dalam kerja tim. Komunikasi akan berjalan baik
dengan dilandasi kesadaran tanggung jawab tiap anggota.
Pengertian teamwork adalah penyelenggaraan teamwork dilakukan karena pada saat ini tekanan persaingan semakin meningkat, para ahli menyatakan bahwa keberhasilan organisasi akan
semakin bergantung pada teamwork daripada bergantung pada individu-individu
yang menonjol. Konsep tim maknanya terletak pada ekspresi yang menggambarkan
munculnya sinergi pada orang-orang yang mengikatkan diri dalam kelompok yang
disebut dengan tim.
Pengertian teamwork adalah penyelenggaraan teamwork dilakukan karena pada saat ini tekanan persaingan semakin meningkat, para ahli menyatakan bahwa keberhasilan organisasi akan
semakin bergantung pada teamwork daripada bergantung pada individu-individu
yang menonjol. Konsep tim maknanya terletak pada ekspresi yang menggambarkan
munculnya sinergi pada orang-orang yang mengikatkan diri dalam kelompok yang
disebut dengan tim.
Berikut poin-poin teamwork yang baik:
1. Teamwork adalah kerjasama
dlm tim yang biasanya dibentuk dari beragam divisi dan
kepentingan.
2. Sama-sama bekerja
bukanlah teamwork, itu adalah kerja individual.
3. Filosofi teamwork: ‘saya
mengerjakan apa yang Anda tidak bisa dan Anda mengerjakan apa yang saya tidak
bisa.
4. Ketika berada dalam
teamwork, segala ego pribadi, sektoral, deparmen harus disingkirkan.
5. Dalam teamwork yang
dikejar untuk dicapai adalah target bersama, bukan individual.
6. Keragaman individu dalam
teamwork memang sebuah nilai plus namun bisa menjadi minus jika tidak ada
saling pengertian.
7. Saling pengertian
terhadap karakter masing-masing anggota team akan menjadi modal sukses bersama.
8. Jika setiap orang
bekerjasama via bidang masing-masing, target korporasi pasti akan segera
terealisasi.
9. Individu yang egois
mengejar target pribadi akan menghambat keberhasilan team. Bayangkan jika si A
mengejar target A & si B mengejar target B, lalu target bersama bermuara
kemana?
10. Keahlian masing-masing sungguh
menjadi anugerah dalam teamwork yang akan mempercepat proses pencapaian target.
11. Kendalikan ego dan emosi saat
bersama agar pergesekan tidak berujung pada pemboikotan kerjasama.
12. Dengan pemahaman yang tinggi
soal karakter individu dalam team, realisasi target tidak perlu waktu
yang lama.
13. Ingatlah selalu bahwa: ‘teamwork
makes the dream work’.
Implikasi Manajerial
Implikasi Manajerial
Implikasi manajerial adalah bagaimana
meningkatkan produktifitas dengan cara meningkatkan kapasitas, kualitas,
efisiensi dan efektivitas dari sumber daya yang ada. apa implikasi manajerial
yang muncul dari organisasi tanpa pembatas (borderless Tipe organisasi
transnasional/tanpa batas memakai pengaturan yang mengeliminasi atau menghapus
halangan geografis artitisial.Para manajer memilih pendekatan ini dalam rangka
meningkatkan efisiensi dan efektivitas di pasar global yang
kompetitif.Implikasi yang dirasakan oleh para pihak manajer adalah bagaimana
mereka bisa mengembangkan produk yang diproduksi di negara lain,dengan baik
dengan cara memanfaatkan sumber daya alam dan manusia yang ada pada negara
ttersebut. Jadi struktur organisasi manajerial tidak akan berpusat pada satu
organisasi manajerial namun harus mencakup seluruh struktur organisasi
manajerial di seluruh negara dimana perusahaan itu berada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar